Secara umum prinsip aerodinamika pada helikopter sama dengan pada pesawat sayap tetap (fixed-wing). Bila aliran udara (airflow) pada fixed-wing mengalir melalui aerofoil yang ada pada sayap, pada helikopter airflow mengalirmelalui baling-baling yang berfungsi sebagai sayap. Itu sebab, helikopter dikenal pula sebagai rotary wing aircraft. Pada helikopter, setiap titik di sepanjang baling-baling rotor utama atau main rotor blades (M/R blades) menghasilkan gaya angkat (lift) yang bervariasi. Lift terbesar ada pada ujung terjauh baling-baling. Gaya yang mengangkat helikopter adalah resultante lift yang dihasilkan di atas main rotor shaft (M/R shaft) atau poros rotor utama. Umumnya, di bawah M/R shaft'm pula terdapat titik berat atau Center of Gravity (CG) helikopter.
Bayangkan helikopter yang sedang mengudara.PutaranM/R Blades akan membentuk main rotor disc (M/R disc) dengan M/R shaft sebagai pusat. Disebut disc, karena saat berputar M/R blades akan membentuk seperti kerucut terbalik.
Putaran M/R blades akan menghasilkan lift (daya angkat). Namun, laiknya baling-baling berputar satu arah, Hukum II Newton memungkinkan terjadinya efek puntir atau torque effect. Efek ini membuat badan pesawat berputar ke arah berlawanan dari arah gerak M/R blades. Jika baling-baling berputar searah jarum jam, efek puntir akan menyebabkan badan pesawat berputar ke arah sebaliknya. Mengingat jika dibiarkan penerbangan menjadi tak aman dan nyaman, perancang helikopter memasang baling-baling rotor ekor atau tail rotor blades (T/R blades). T/R Blades selanjutnya berfungsi sebagai anti-torque effect. T/R Bladed sendiri ada dua tipe, yakni tipe dorong (push type) atau tipe tarik (pulltype). Dengan push type, resultan gaya yang dihasilkan T/R disc mendorong pesawat untuk menghasilkan efek anti-torque. Sementara dengan pull type, resultan gaya yang dihasilkan akan menarik pesawat untuk menghasilkan efek anti-torque.
Pada beberapa jenis helikopter, torque effect tidak diredam dengan T/R Blades tetapi dengan Rotor Blades kedua yang dipasang di belakang, di samping, atau di bawah M/R blades dengan arah putar saling berlawanan. Contoh yang dipasang di belakang diterapkan pada heli CH-46 Sea Knight, di samping pada Kaman HH-43B Huskie, dan di bawah seperti pada Kamov Ka-50 Hokum-A.Arah gerak helikopter akan sangat tergantung dari besarnya pitch atau sudut antara posisi M/R blades saat berputar dengan garis horizontal atau sumbu lateral helikopter.
BERIKUT JENIS KEMUDI HELIKOPTER: • Cyclic Stick Kemudi berbentuk tongkat ini umumnya terletak di depan penerbang, di antara kedua kaki. Gerakan cyclic stick a kan mengubah besar sudut M/R blades secara keseluruhan. Akibatnya, arah M/R disc akan berubah, yang seianjutnya akan mengubah arah gerak helikopter. Jika tongkat digerakan ke kiri. M/R disc akan mengarah ke kiri, dan helikopter pun akan terbang ke kiri. Begitu seterusnya. • Collective Pitch Control Umumnya terletak di sebelah kiri pinggul penerbang. Fungsinya, untuk mengubah sudut M/R hladessecara individual yang seianjutnya akan membuat lift pesawat berubah. Jika collective pitch dinaikkan, lift akan bertambah, dan helikopter akan membumbung. • Rudder Pedal Diletakkan di sekitar kedua telapak kaki penerbang. Pedal-pedal ini biasa diinjak untuk mengubah sudut T/R blades. Arah gaya yang dihasilkan putaran T/R blades akan menentukan arah badan pesawat, ke kiri atau ke kanan. Bila sudut T/R blades netral, pesawat akan terbang stabil.Helikopter akan mengarah terbang ke arah sudut pitch paling rendah. Sudut yang memungkinkan helikopter terbang ke depan, ke samping, atau ke belakang biasa disebut cyclic pitch. Sementara jika pitch dibuat sama, gerakkan yang dimungkinkan hanyalah ke atas dan ke bawah. Jika secara kolektif, sudut pitch dibuat mengecil, helikopter akan turun. Sedang jika secara kolektif, pitch dibuat membesar, helikopter akan membumbung. Itu sebab, sudut yang biasa dipakai untuk terbang hover disebut collective pitch.
mantabbbbb!!!
Tertarik menerbangkan heli?
ud prnh nrbngin heli y Rif...klo q pngen nrbngin siluman...heheheheheheeeee
tyo,kalo naik heli pernah, nerbangin belum
Kalo saya sering naik Heli... Cak...
Kelimax.....
gw pengen naik heli tapi gak pakai jatoh..hiks hikss
gw Edi please minta tolong dch jelaskan secara detail dgn gambar tentang cara kerja cyclic, sehingga sebuah putara baling2 yg begitu cepat bisa di putar miring terhadap poros pemutar,... thanks ya teman2.
email gw; redbul.4646@yahoo.co.id
aku arief, ank smk warga surakarta,
mau tanya . apa bisa membuat helikopter,dengan menggunakan mesin sepeda motor????
karena aq tertarik pengen membuat......
@arief, wah bagus saya suka anak muda yang kreatif!! salut deh, untuk membuat helikopter, sebenernya yg diperlukan adalah mesin sebagai sumber tenaga dan juga jangan lupa untuk tidak mengabaikan konsep utama kerja heli seperti masalah efek torsi dan juga prinsip kerja pada tail rotor. ada loh anak muda di china yang membuat helikopter dari mesin sepeda motor, yah kalo bro arief serius buat aja dulu skala kecil, yah seukuran mainan dulu untuk prototipe untuk memastikan kerja heli sesuai kaidah kaidah yg ditulis diatas, selamat berkarya!!
Thanks banget bro... Jadi tambah ilmu nich.. Apakah cara2 itu juga sama utk tipe Bell 412, BO 105?
Pengen tau dunia helikopter, bagaimana dan apa aja jenis/tipenya (yang versi sipil).. Syukur punya info pendidikan pilot helikopter di indonesia. Soale kalo mampu pengen punya. Hehehe..
Salam
Danang H
iseng2 cari gambar helicopter ketemu blog ini. makasih mas untuk gambar2nya... salam kenal
Dengan segala kerendahan hati saya minta dukungannya, jika tidak berkenan silakan hapus saja semua postingan coment saya ini bos. salam
mampir di mimggu pagi
sangat informatif sob
selamat pagi bro
blognya keren bro
have a nice weekend
berkunjung ke blog yang mantab ini
keren infonya bro
heli masih mahal gan... kl murah pasti di indonesia banyak yg seliwean
Bike Attachments : What youre saying is completely true.
Dog Crates Article I know that everybody must say the same thing,
Job Feed Aggregator but I just think that you put it in a way that everyone can understand.
Indonesia News Aggregator also love the images you put in here. Aroma Therapy Packs They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say. Diamond Blizz
Kind Regard
Yuniico.com
Best to Download
wah nambah ilmu..
saya juga mau ngerakit dari sepeda motor...
pasti butuh dana yang cukup lumayan banyak,.
makasih mas info nya.
aku pernah digigit heli
heli gug gug gug :_)
agar bisa oprasikan Helikopter untuk kegitan sosia daerah rawan bencana Sumbar
agar bisa oprasikan Helikopter untuk kegitan sosia daerah rawan bencana Sumbar
aku suka juga mau bahwa eli kapan yaaa
Thank you for sharing information on your website, blogging greetings
Tanaman Obat Wasir
saya tertarik gan ,cmn untuk pembuatan blade sulit ,klau rotor msh mending ada harapan untuk buat heli medium non pilot untuk pertanian jika ada yg mo share silhkan kontak balik