Yah, akhirnya postingan saya mengenai terusan Panama ini sudah sampai part ke tiga, maklum saya sedang tertarik membahasnya. Ketimbang terusan Suez, terusan panama lebih terlihat eksotik dan juga menyimpan kenangan tersendiri bagi mereka mereka yang terlibat dalam proses pembangunan nya yang begitu berat karena harus memotong “pinggang” benua Amerika itu sepanjang sekitar 80 Km! Pekerjaan yang fantastis mengingat alat alat waktu itu belumlah secanggih saat ini.
Di sesi ini akan sedikit saya paparkan bagaimana prinsip kerja canal Panama dalam mengangkat kapal kapal yang melintasi ( semua kapal kapal yang lewat rata rata kapal kargo berukuran besar loh).Di terusan panama terdapat 3 Lock, yaitu Gatun Locks, Pedro Miguel Locks dan Miraflores Locks. Kapal yang datang dari arah Samudera Atlantik akan melewati Gatun Locks dan kapal diangkat 85 feet (26 meter) ke permukaan danau Gatun, kemudian kapal terus melintasi danau Gatun hingga jarak 23 Mil (37 Km) sebelum kemudian masuk Gaillard (Culebra). Nah setelah melewati Gaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju pedro miguel Locks ( panjang gaillard Cut sendiri adalah 8 Mil atau 13 Km ). Sesampai di Pedro Miguel Locks, nah pada Locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar menuju Danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun pada locks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu Locks terakhir yaitu Miraflores Locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( Samudera Pacifik), Dan total jarak tempuh dari gatun locks ke miraflorest mencapai 80 Km atau 50 Mil.kapal kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat akan memasuki Locks untuk menjaga posisinya.
gambar yang menjelaskan bagaimana terusan panama berkerja
Pada masa pembuatan kanal ini, berton ton peledak di gunakan untuk membuka lahan yang berupa pegunungan dan hutan, serta ribuan pekerja yang di bagi menjadi beberapa divisi, dan konon yang terberat adalah pengerjaan pada Gaillard (Culebra) Cut dan sempat terjadi tragedi kecelakaan mengerikan yang kemudian sering di sebut "Hell's Gorge." alangkah Indah nya pemandangan di terusan panama tersebut, dan konon bagi yang pernah melintasinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan, namun dibalik itu semua terjadi berbagai masalah pada saat pembangunannya yang memakan korban jiwa pada waktu itu ( 22.000 orang waktu itu tewas terkena penyakit demam kuning) belum lagi tanah longsor. Saya salut pada semua orang dalam proyek pengerjaan tersebut
mangstaf..gan.. :)
Keren-keren info dari blog ini!
terimakasih, sudah menambah pengetahuan mengenai terusan panama. Salam Liman - Semarang
thx atas infonya
Tulisannya terlalu kecil om,,
Tp isi nya keren. Keep posting
mampir di mimggu pagi
sangat informatif sob
blognya keren bro
ijin baca sob
have a nice weekend
sangat menarik sob
I recently came across your blog and have been reading along.I wish I could find such informative sites more often. I regularly spend much time on just looking for some worthy sites when I can find something to read.This is one of them.
Terima kasih info yg sangat menarik menurut ane, semangat terus gan keep posting. Makin jaya untuk ngeblognya. Barangkali mau mampir ke blog ane silahkan blogwalking.
Thank you, that was just an awesome post!!!.....
its very cute. thanks too share.....
I love that idea. Awesome Post..
That is great to hear, thank you for reading!
Thank you, that was just an awesome post!!!
Thank you, that was just an awesome post!!!
That is great to hear, thank you for reading!
That was a VERY interesting one! Seriously interesting.