Terowongan Channel atau lebih dikenal “Channel Tunnel” atau di prancis terkenal dengan nama “chunnel” merupakan terowongan bawah laut yang menghubungkan Inggris dan Perancis.Terowongan ini merupakan terowongan rel terpanjang dan juga salah satu keajaiban dunia modern. Dibangun dengan dana 15 milyar dollar AS dan Menghubungkan kedua negara melewati sebuah lat (selat Channel) merupakan sebuah hal yang tidak mudah, karena perlu pengerjaan konstruksi yang sangat rumit dan di kerjakan dari dua arah ( Perancis dan Inggris).Panjang keseluruhan terowongan ini adalah 50.45 Km dan 39 Km diantara berada di bawah air. Bener bener menakjubkan!Untuk menempuh jarak terowongan ini hanya memerlukan waktu 20 menit dengan menggunakan kereta berkecepatan tinggi.
gambar cut out continent dari alur terowongan Tunnel Inggris-Prancis
Ide awal dari pembuatan terowongan dan menghubungkan Inggris – Perancis ini sudah mulai ada sejak dua abad lalu hanya saja baru di realisasikan pada 1987. Titik pembangunan terowongan ini adalah Calais di Perancis dab Folkestone di Inggris. Pengerjaan nya sendiri melibatkan 15.000 orang yang yang dilakukan secara terus menerus dari kedua ujung ( pembangunan terowongan dan jembatan memang menggunakan teknik pembangunan dari dua arah). Menggali terowongannya pun menggunakan peralatan yang sangat besar yaitu Tunnel Boring Machine (TBM) yang mempunyai daya Bor 76,2 dan memiliki kombinasi fungsi alat-alat berat antara lain seperti mesin bor dan mesin pengeruk. Hampir 4 juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris dan secara keseluruhan tanah yang dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400ton per jam. Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus. Terowongan Channel memilik 3 jalur terowongan yang digunakan untuk di lewati kereta, dua diantara nya memilik diameter 7,6 Meter dan sebuah terowongan kecil untuk keperluan maintenence atau keperluan Emergency. dalam keadaan darurat. Kedalaman terowongan bervariasi dari 45 meter sampai 75 meter di bawah permukaan laut.
gambar saat proses pembuatan
Terowongan channel ini di operasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel, Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Beberapa waktu yang lalu terowongan ini pernah mengalami kebakaran selama 20 jam yang di sebabkan oleh sebuah kereta barang, kebakaran ini mengakibatkan temperatur terowongan mencapai 1000 derajat celcius. Setiap harinya 40.000 orang melintasi terowongan ini (pz)Cetak Halaman Ini
Blitar - Malang masuk terowongan gak zZer?
Selamat malam,
saya sangat exciting mengenal tunnel dengan metode TBM ini. yang saya mau tanyakan, bagaimana mendisain kedalaman tunnel yang diperlukan. Apakah diperhitungkan dari jenis tanahnya, atau berapa meter space antara tunnel dengan pondasi pada gedung bertingkat yang berada di permukaan tanah tersebut.
mampir di mimggu pagi
sangat informatif sob
blognya oke nih
ijin baca bro
have a nice weekend
postingannya keren sob
ijin baca sob
menarik
Bike Attachments : What youre saying is completely true.
Dog Crates Article I know that everybody must say the same thing,
Job Feed Aggregator but I just think that you put it in a way that everyone can understand.
Indonesia News Aggregator also love the images you put in here. Aroma Therapy Packs They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say. Diamond Blizz
Kind Regard
Yuniico.com
Best to Download
Terima kasih info yg sangat menarik menurut ane, semangat terus gan keep posting. Makin jaya untuk ngeblognya. Barangkali mau mampir ke blog ane silahkan blogwalking.