Feeds RSS | contact | login

Burj Al Dubai Pencakar langit baru


Burj Al Dubai atau bahasa arab nya Burj Khalifa (Arabic: برج خليفة‎ "Khalifa Tower"), merupakan pencakar langit tertinggi di bumi ini ( paling tidak untuk saat ini). Peresmian nya di buka oleh Sheikh Mohammed bin Rashed al-Maktoum pada tanggal 4 Januari 2010 sekaligus memperingati kenaikan Tahta Sheikh Mohammed sebagai Emir Dubai. Dalam kesempatan itu sekaligus diresmikan pergantian nama dari Burj Dubai menjadi Burj 'Khalifa Bin Zayed' atau 'Burj Khalifa'.Dubai. Burj Dubai memiliki tinggi menjulang 818 meter dengan 160 lantai atau setara 6 kali tinggi Monas di Jakarta. Luas total bangunan mencapai 330.000 meter persegi. Proyek prestisius ini mengalahkan Menara Taipei 101 di Taiwan. Meski dibayangi oleh krisis global pembangunan nya tetap dilanjutkan dengan suntikan dana USD 10 Milliar atau sekitar Rp.90 Trilliun oleh pemerintah Abu dhabi dan Perusahaan Dubai World yang sedang kritis pun bisa bernafas kembali untuk merestrukturisasi utang-utangnya. Burj Dubai dilengkapi dengan 57 lift tercepat di dunia yang mencapai 64 km/jam. Gedung ini akan memiliki 1.044 apartemen, 49 lantai ruang kantor serta Hotel Giorgio Armani. Skidmore,owing, dan merrill bertindak sebagai Arsitek sedangkan kontraktornya sendiri adalah gabungan dari samsung c&t,besix dan Arabtec.

Burj al Dubai dibangun dengan konstruksi menara dengan menggunakan 8 juta kaki kubik tiang, 31.000 ton baja penopang, 167.000 kaki persegi perancah baja, dan 1.1 juta kaki persegi kaca berlapis ganda. Mempunyai 57 lift dengan kecepatan mencapai 64 km/jam dan jikalau lift tak berfungsi maka tersedia 3.000 tangga. Memiliki 160 lantai dan kedalaman pondasi mencapai 150 kaki atau sekitar 45.72 Meter menembus tanah Dubai, berat tiang penyangga nya 31.400 ton dan luas permukaan external nya sama dengan luas 17 kali lapangan bola. Luas total bangunan mencapai 330.000 meter persegi, proyek ini jelas jelas telah mengalahkan Taipei 101 Tower di taiwan. Burj Dubai memenuhi semua kriteria struktur tertinggi, tidak hanya berikut antena dan aksesori, tapi juga tertinggi jika diukur bangunan utamanya maupun bagian tertinggi yang dihuni manusia sesuai penilaian CTBUH (Council on Tall Buildings and Urban Habitat). Meski total ketinggiannya lebih dari 800 meter, lantai tertinggi yang dihuni pada 636 meter. Sementara struktur beton yang menyangga setinggi 574,4 meter.
Gambar perbandingan tinggi Burj al Dubai dengan gedung pencakar langit lain di dunia

Ketinggian Burj al Dubai yang mencapai 800-an Meter tersebut bahkan dapat dilihat dari lokasi sejauh 60 Mil atau 96 Km-an ( konon bangunan ini bisa terlihat dari Iran), terdapat restaurant dilantai 123  ( wow !!! Amazing View tentunya ), Sistem pendinginan di gedung itu setara dengan 12.500 Ton Es yang mencair dan sistem pengairan nya sendiri memasok 250.000 galon perhari nya. Oyah. Burj Al Dubai, merupakan bangunan tinggi pertama di dunia arab ( timur tengah) sejak Piramida Giza di bangun. Burj Dubai tidak hanya gedung tertinggi di dunia. Ia juga memecahkan rekor sebagai struktur bangunan tertinggi di dunia yang sebelumnya dipegang KVLY-TV di Blanchard, North Dakota, AS dan struktur bebas tertinggi yang sebelumnya dipegang CN Tower Toronto. Tadinya, Burj Dubai itu hanya ingin dibuat lebih tinggi 10 meter dari Taipei 101. Namun, Eemar Properties sebagai perusahaan pengembang, ingin agar bangunan yang mereka biayai itu dibuat lebih tinggi 300 meter.  
Berikut dibawah adalah pembagian lantai per/kegiatan yang ada di Burj Al Dubai


Pembangunan Burj Al dubai sendiri digalang pemerintah Dubai sebagai upaya mengakomodir pariwisata, yang mana sebagai mana kita ketahui bersama, Dubai merupakan "Amerika" nya Timur tengah, dan di sana pula terdapat Sirkuit F1 bertaraf Internasional. Dubai benar benar tengah membangun Oase di padang pasir gersang. Selain itu Dubai ingin di akui secara Internasional untuk masuk dalam jajaran kota kota Megapolitan dunia dengan perekonomian maju mereka yang berbasis ekonomi perminyakan.

Tahap tahap pembangunan Burj Al Dubai.

Burj al Dubai dirancang tahan api, gempa, dan angin kencang. Menara tertinggi di dunia yang baru saja diresmikan, Burj Khalifa, dijamin tidak akan bernasib sama seperti World Trade Center (WTC) -yang roboh setelah ditabrak dua pesawat 11 September 2001 silam. Burj Khalifa, yang juga disebut Menara Dubai ini, dijamin aman dari serangan teroris.

Sedikit tambahan, Dubai akan memiliki banyak Supertowers (bangunan jangkung) dalam sebuah proyek " Dubai Supertowers", yang mana kelak akan ada 6 gedung jangkung disana, dan beberapa diantaranya telah rampung saat ini. Hal ini tentu akan mengalahkan Chicago (sebuah kota di Amerika) yang terkenal memiliki lebih dari satu gedung tinggi disana. Ke enam proyek tersebut adalah:

1. "Burj Dubai" mencapai 130 lantai dan menjadi yang tertinggi di dunia. dan tertinggi setelah mengalahkan Taipei 101 di Taiwan. ( sekarang dan sudah rampung)
2.  "Burj al Alam" direncanakan akan setinggi 108 Lantai.
3. "Marina 101" direncakakan setinggi 101 lantai.
4. "Princess Tower" akan memiliki 107 lantai.
5. "Pentominium" akan dibuat setinggi 120 lantai.
6. "Al Burj" yang pada akhirnya akan menjadi menara tertinggi bahkan melebihi Burj Dubai diperkirakan antara 180 dan 200 lantai.

 
itu baru rencana, mengenai ketinggian nya bisa saja berubah, karena pada saat Burj Al Dubai dibangun sebenarnya tinggi nya tidak lah seperti akhirnya ( baca artikel diatas). nah yang ke enam diatas merupakan project yang lebih prestisius yang mana akan mengalahkan ketinggian Burj Al Dubai sekarang! wow. yah kita tunggu saja deh. Ini membuktikan kalau Dubai merupakan negara yang sangat maju perekonomian nya dengan memanfaatkan energi alam minyak nya. benar benar sebuah negeri ber predikat Negeri Petrodollar!


Gambar gambar pengerjaan Struktur Burj Al Dubai



Sumber:

111 komentar:

Post a Comment

Sebuah kehormatan bagi saya bila anda meninggalkan comment di postingan saya ini, hindari penggunaan Anonim dalam meninggalkan komentar.Jangan lupa untuk rate bintang nya. Komentar SARA akan saya hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Related Posts with Thumbnails