Feeds RSS | contact | login

Perkembangan navigasi dari waktu ke waktu


Hai Sobat blogger semua, jumpa lagi di postingan RifkyMedia™. Kali ini saya akan sedikit mengangkat time line Navigasi. Teman teman pasti tahu apa itu navigasi kan? Navigasi erat hubungan nya dengan arah dan berpergian. Pada jaman dahulu, orang orang banyak menggunakan Navigasi alam pada saat berpergian agar tidak tersesat dalam perjalanan nya dan dapat menemukan jalan kembali ke titik asal. navigasi alam bisa merupakan gugusan bintang, gunung, pohon, sungai, mata angin, dan lain sebagainya. Seorang pelaut selalu menggunakan teknik navigasi perbintangan pada jaman dahulu untuk mengetahui arah mana dan posisi mereka saat berlayar di lautan luas tanpa batas.

Kemudian, hadirnya metode metode ilmiah yang berkembang dari kebudayaan tertinggi di India dan Mesir sekitar 4.000 tahun sebelum masehi, dengan bantuan metode ini, pedagang, peneliti, dan bahkan penjajah dapat mencapai sebuah tujuan tertentu dimuka bumi ini dengan pasti tanpa harus melihat titik titik orientasi.Untuk mengkalkulasi rute, awalnya digunakan trik dan beberapa satuan ukur seperti arah angin atau kedalaman.

Pada awal zaman modern sistem navigasi kemudian di kembangkan kembali dengan Astrolobe dan Jacob staff (tongkat jacob), sebuah alat untuk menentukan sudut langit, orang orang Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris dan Prancis dapat menjelajah dunia pada abad ke 15 hanya dengan memperkirakan sudut Longitude. Pada abad ke 18, navigasi berkembang lebih akurat dengan penemuan Sextant dan pengembangan teknologi Chronometer. Mulai abad ke 20 muncul lah radio navigasi yang dapat menentukan posisi seseorang berdasarkan lokasi dari berbagai stasiun radio, dan hingga sekarang perangkat GPS sudah hadir dalam genggaman dalam paket sebuah Telepon cellular.

Nah. untuk jelasnya, RifkyMedia™ mengajak sobat Blogger semua untuk melihat timeline navigasi seperti yang akan saya jabarkan di bawah ini, oke kita mulai deh:

A.Tahun 4.000 sebelum masehi, Navigasi pertama kali dikembangkan di India dan Mesir, petunjuk petunjuk yang menonjol dan garis garis pantai di kombinasikan dengan parameter lain, seperti arus, kedalaman angin, kecepatan, dan posisi matahari.


Pelaut pelaut jaman dahulu menggunakan bintang, angin dan garis pantai untuk berlayar


B.Tahun 1.000 Masehi. Orang pertama di Eropa, Leif Eriksson dari Islandia menjadi orang Eropa pertama yang berlayar ke Amerika utara dengan panduan navigasi bintang.

C. Tahun 1.200 Masehi. Kompas pertama mulai muncul di Eropa, penemuan ini sendiri belum jelas sumbernya, apakah merupakan penemuan asli orang orang Eropa atau merupakan Import teknologi dari China.

Gambar sebuah kompas kuno


D. Tahun 1.400-1.500 Masehi, Navigasi berdasarkan bintang menggunakan Astrolobe dan Jacob Staff, garis Latitude bisa ditentukan dengan akurat, namun posisi dalam arah timur-barat (longitude) hanya dapat di prediksi saja. Pada masa ini navigasi telah berkembang dan menjadi ilmu pengetahuan, Heinrich the Sailor salah seorang anggota keluarga kerajaan Portugis, berkontribusi dalam pendirian Escola Nautica yaitu sebuah sekolah pelaut pertama di Eropa.


Sebuah Astrolobe kuno yang ditemukan di Baghdad Iraq

E. Tahun 1731. Pada masa ini orang orang mulai mengenal Octant (penerus Sextant), sebuah alat yang ditemukan oleh John Hadley, seorang ahli matematika dan astronomi dimana pada penemuan ini garis latitude dapat di prediksi beberapa Kilometer lebih akurat.


gambar sebuah perangkat Sextant

F. Tahun 1735 nah di masa inilah muncul sebuah alat bernama Chronometer yang dibuat oleh John Horisson yang membuat satu dari empat jam dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi yang menanmpilkan waktu home port dan dapat menentukan garis latitude melalui perbedaan waktu.


Inilah wujud Chronometer buatan Horrison


G. Tahun 1941, seorang peneliti asal Jerman yaitu Siegfried Reisch mengembangkan prinsip prinsip inertial navigation yang menghitung perubahan lokasi relatif berdasarkan akselerasi.



H. Tahun 1978. Satelit pertama GPS diluncurkan oleh Amerika untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan (defence) melakukan project NAVSTAR ( yg merupakan cikal bakal GPS) yang pada tahun tahun berikutnya GPS secara resmi di aplikasi kan  untuk keperluan sipil (1983).



I. Tahun 1990. Mistubishi dan Pioneer secara terpisah memperkenalkan navigasi GPS pertama di dunia yang di aplikasikan dalam perangkat untuk sebuah mobil.



J. Tahun 2001. Galileo Project di mulai, Uni Eropa berencana untuk membangun sebuah sistem navigasi satelit sendiri yang bakal selesai pada tahun 2013. Sistem yang disebut "Galileo" ini sendiri akan kompetibel dengan GPS.

K. Tahun 2005. Setelah mouse navigasi berbasis GPS untuk Notebook dan PDA, akhirnya perangkat navigasi untuk mobile di luncurkan ke pasaran.

L. Tahun 2007. Era navigasi dalam genggaman. yah pada era ini, Navigasi bukan merupakan sesuatu yang rumit pada sebuah perangkat, namun hadir dalam genggaman berupa telepon seluler. Nokia konon merupakan merk vendor pertama yang mengaplikasikan perangkat navigasi ke dalam genggaman, dan di hadirkan dalam Ponsel Nokia N95


itulah tadi urutan perkembangan navigasi dari waktu ke waktu hingga sampai pada Era ini dimana perangkat navigasi sudah begitu akrab dipakai oleh tiap lapisan masyarakat. Demikian postingan RifkyMedia™ kali ini semoga bisa menambah khasanah pengetahuan kita bersama.


Sumber:
wikipedia.org.
Chip Magazine. 
bakosurtanal.go.id
ditjenbun.deptan.go.id

73 komentar:

Post a Comment

Sebuah kehormatan bagi saya bila anda meninggalkan comment di postingan saya ini, hindari penggunaan Anonim dalam meninggalkan komentar.Jangan lupa untuk rate bintang nya. Komentar SARA akan saya hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Related Posts with Thumbnails