Feeds RSS | contact | login

Mengapa Burung Flamingo Tidur dengan Satu Kaki?


Anda mengenal burung flamingo? Burung yang cukup banyak ditemukan di kawasan Benua Amerika dan Afrika ini mengundang ilmuwan guna mengetahui penyebab burung tersebut tidur dengan satu kaki terangkat? Mungkin Anda memiliki pertanyaan serupa. Untuk memuaskan rasa penasaran tersebut, Enter Matthew Anderson, seorang ilmuwan dari Universitas Saint Joseph di Philadelphia, Amerika Serikat, belum lama ini mengadakan sebuah penelitian di kebun binatang setempat.

Sebelumnya sudah ada teori yang menyatakan perilaku tersebut dilakukan flamingo untuk mengurangi kelelahan otot dan menjaga temperatur tubuh agar tetap hangat dan stabil. Artinya dengan satu kaki Flamingo ingin menghindari kekakuan otot saat predator menyerang. Dengan satu kaki pula kehilangan panas dapat dicegah. Sebab, kaki adalah lokasi tempat panas menghilang dengan cepat.

Ternyata, teori kekakuan otot tersebut tak dapat dipertahankan. Hasil penelitian justru mengungkap flamingo akan terbang  lebih cepat dengan kedua kakinya menyentuh tanah ketimbang hanya dengan satu kaki.

Namun lain halnya dengan teori mempertahankan suhu. Anderson menemukan fakta semakin panas suhu, maka akan kian banyak flamingo yang berpijak dengan dua kaki. Demikian pula sebaliknya, ketika suhu mendingin, akan semakin banyak flamingo yang berdiri dengan satu kaki.




"Air akan membuat panas cepat menghilang. Sedangkan flamingo banyak menghabiskan waktu di air sehingga butuh menghemat panas," ujar Anderson, seperti dikutip Livescience. Meski membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut, ia meyakini alasan mempertahankan suhu atau thermoregulation bisa menjadi penjelas sebab-musabab burung yang memiliki leher panjang itu kerap tidur dengan satu kaki.

sumber:liputan6.com

13 komentar:

Post a Comment

Sebuah kehormatan bagi saya bila anda meninggalkan comment di postingan saya ini, hindari penggunaan Anonim dalam meninggalkan komentar.Jangan lupa untuk rate bintang nya. Komentar SARA akan saya hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Related Posts with Thumbnails