Saturday, January 23, 2010

Bagaimana Sonar bekerja?

Beberapa waktu lalu RifkyMedia™ sempat membahas apa itu Radar, dan gak adil rasanya kalau RifkyMedia™ tidak membahas Sonar, Pertanyaan nya adalah: Bagaimana Sonar (sound navigation and ranging) berkerja? ibarat radar adalah "mata di angkasa" maka Sonar adalah "mata di air" . Jadi apa itu Sonar? Sonar adalah sebuah piranti untuk mengamati (mendeteksi, menyidik) keberadaan dan lokasi benda di bawah permukaan laut dengan menggunakan gelombang suara yang dikirim dari peranti itu dan dipantulkan kembali oleh benda (objek) yang diamati, kalau lebih tepatnya sih hidung untuk melihat di bawah air. Beberapa moda transport yang menggunakan nya antara lain kapal laut, kapal selam dan pesawat terbang ( for special purpose, biasanya pada pesawat anti kapal selam, dimana sonar di butuhkan untuk mencari titik lokasi kapal selam berada). Dari wikipedia pengertian nya adalah sistem yang menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi dan menetapkan lokasi obyek di bawah laut atau untuk mengukur jarak bawah laut. Sejauh ini sonar telah luas digunakan untuk mendeteksi kapal selam dan ranjau, mendeteksi kedalaman, penangkapan ikan komersial, keselamatan penyelaman, dan komunikasi di laut.

Munculnya sonar tak bisa dilepas dari rintisan tokoh seperti Daniel Colloden yang pada tahun 1822 menggunakan lonceng bawah air untuk menghitung kecepatan suara di bawah air di Danau Geneva, Swiss. Ini kemudian diikuti oleh Lewis Nixon, yang pada tahun 1906 menemukan alat pendengar bertipe sonar pertama untuk mendeteksi puncak gunung es. Minat terhadap sonar makin tinggi pada era Perang Dunia I, yaitu ketika ada kebutuhan untuk bisa mendeteksi kapal selam. Dalam perkembangan selanjutnya ada nama Paul Langevin yang tahun 1915 menemukan alat sonar pertama untuk mendeteksi kapal selam dengan menggunakan sifat-sifat piezoelektrik kuartz. Meski tak sempat terlibat lebih jauh dalam upaya perang, karya Langevin berpengaruh besar dalam desain sonar.

Bagaimana Sebuah Sistem Sonar Berkerja? secara sederhana berikut ini sebagai contoh sebuah kapal konventional melepas sinyal ke dalam air, maka pantulan akan memberikan efek Echo (gema) dan mengembalikannya kepada sistem penerima (receiver) nah setelah itu sistem penerima tadi melakukan kalkulasi mengenai jarak objek dari lokasi kapal dan juga informasi informasi yang dibutuhkan lain nya, seperti pemetaan laut ( pengukuran laut, topografi laut, dll). Sebuah sonar terdiri dari sebuah pemancar, transducer, penerima/receiver, dan layar monitor.

Image and video hosting by TinyPic
Dengan mengetahui kecepatan gelombang media yang diukur dan dengan menggunakan persamaan 
s = v ( ½ t), maka kita akan mendapatkan jarak yang diukur. Faktor setengah di depan t, di atas menyatakan setengah waktu tempuh dari sonar ke tempat pemantulan dan kembali ke sonar. Dengan ungkapan lain, waktu yang diperlukan oleh gelombang untuk merambat dari sonar ke tempat pemantulan.

Pada awalnya Sonar hanya memiliki sistem Sonar pasif, di mana tidak ada sinyal yang dikirim keluar. Namun seiring kemajuan teknologi dan kebutuhan hadirlah Sonar aktif yang mana sinyal yang dikirim bisa diterima kembali. Frekuensi yang digunakan oleh sonar berada pada daerah ultrasonic, yaitu di atas 20.000 hertz. Karena frekunsi tersebut tidak dapat didengar dan panjang gelombang pada daerah ultrasonic pada daerah ultrasonic sangat kecil sehingga difraksi yang terjadi juga semakin kecil, dan gelombang tidak akan menyebar. Kecilnya panjang gelombang yang digunakan, juga dapat digunakan untuk mendeteksi benda-benda yang kecil pula.

Apa beda Sonar dan Radar? perbedaan dari kedua nya adalah pada sumber energi pancaran dan medium perambatan nya. Sonar yang menggunakan gelombang suara frekuensi relatif tinggi. Bila pada sonar, gelombang suara merambat pada medium air sedangkan pada radar, gelombang elektromagnetik merambat pada medium udara. Sudah jelas kan? nah Sekarang, Apa persamaan dari Sonar dan Radar? persamaan nya tak lain adalah sama sama sebagai sistem navigasi dan pengukuran jarak.

Apa kegunaan Radar? radar, seperti yang sudah dijelaskan diatas memiliki banyak fungsi, mulai dari fungsi Survei geologi, Search and Reacue dalam pencarian pesawat atau kapal yang tenggelam, Kegunaan militer sebagai contoh dalam kapal selam atau pesawat anti kapal selam, pencarian ikan bagi para nelayan, serta pemetaan bawah laut dan mungkin masih banyak fungsi lain nya. Untuk Survei Kelautan, biasanya jenis sonar yang di pakai adalah Side Scan Sonar, side scan sonar biasanya dibawa pada kapal kapal eksplorasi dan bentuknya sepintas mirip terpedo dan diberi tali yang kemudian dimasukkan kedalam air. Gelombang suara yang digunakan dalam teknologi side scan sonar biasanya mempunyai frekuensi antara 100 dan 500 KHz. Pulsa gelombang dipancarkan dalam pola sudut yang lebar mengarah ke dasar laut, dan gemanya diterima kembali oleh receiver dalam hitungan detik. Untuk mencari suatu lokasi tertentu, perekaman perlu mengikuti pola lintasan survey tertentu dengan menggunakan peralatan penentu posisi GPS dan video plotter. Side scan sonar mampu membuat liputan perekaman dasar laut dari kedua sisi lintasan survey. Dalam kondisi laut yang tenang dan haluan kapal yang lurus, sonogram dapat memberikan gambar atau image yang sangat tajam dan rinci seperti layaknya sebuah foto.

Bagaimana dengan tingkat Akurasi? Akurasi sonar ternyata bisa di dipengaruhi oleh tingkat salinitas ( kadar garam) dari perairan. Suhu dan salinitas mengubah kerapatan air, yang dapat mempercepat atau memperlambat sinyal kembali.

Dapatkah Kapal selam menghindari lacakan Sonar? untuk sebuah tujuan militer penyusupan kapal selam umumnya bergerak pada posisi "daerah kedap" transmisi gelombang udara (shadow zone). Daerah ini merupakan daerah aman dimana suhu dan salinitas laut pada lapisan tersebut memantulkan rambatan suara yang datang sehingga kapal dapat terhindar dari deteksi SONAR lawan, selain itu kemajuan teknologi pula sudah membuat sebuah kapal selam dengan material khusus untuk meminimalisir pantulan dan sistem pertahanan elektronik yang dapat mengacaukan atau merusak sistem sonar aktif pihak lawan (jamming,sistem pengacak)

Tahukah teman teman kalau Sinyal Sonar berefek negatif terhadap mamalia laut? (Negative Effects of Sonar) efek pancaran sinyal yang berlebihan dari sinyal sinyal sonar dapat mengganggu navigasi hewan hewan mamalia laut seperti Lumba lumba dan Paus. Pada sebuah kasus, terjadi sebuah kondisi dimana lumba lumba banyak yang terdampar di laut oleh karena pancaran dari sonar pada sebuah latihan militer di perairan.

Bagaimana sebuah heli anti kapal selam menggunakan sonar buoy? Heli anti kapal selam bertugas mencari posisi kapal selam musuh. Sonar Buoy digantung pada sebuah kabel dan heli bergerak diatas perairan sambil menyeret Sonar. Untuk video mengenai Sonar buoy bisa dilihat di Youtube .Selain itu dalam dunia kemiliteran, dahulu sebuah torpedo tidaklah dilengkapi dengan sonar, namun modern ini, telah dilengkapi perangkat sonar aktif maupun pasif contohnya adalah Torpedo Mark 37 dengan demikian tingkat akurasi tembakan mengenai musuh bisa semakin maksimal
gambar sebuah torpedo jenis Mk 37 dengan sistem torpedo Sonar

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai bagaimana sebuah sonar berkerja dan sekelumit info lain nya, teknologi Sonar bisa saja diaplikasikan dari hewan mamalia laut yang benar benar mengandalkan indera suaranya untuk mengindentifikasi wilayah dan juga untuk mencari makan. Sangat disesalkan juga apabila teknologi sonar itu pulalah yang membuat mamalia laut sekarang terancam bahaya dengan terdampar ke pesisir. Demikianlah semoga posting ini berguna bagi sobat blogger semua..

Teknologi terisnpirasi dari mamalia laut dan dikembangkan menjadi sebuah teknologi yang namanya Sonar

Sumber:
http://eurekalert.org/ 
http://wikipedia.org/
http://www.lei-extras.com/
http://www.metaldec.nl/
http://www.syamblog.com/
http://qanda.encyclopedia.com/
http://www.indonesianship.com/
http://www.dosits.org/
http://sains.kompas.com/

http://scienceinthenews.org.uk
pranala luar
Artikel Departemen Pertahanan Republik Indonesia
Buku: prinsip & aplikasi sonar : sebuah pengantar praktis   

127 comments:

  1. asdfghd <------ mantra PertamaX berhasil dengan sukses

    ReplyDelete
  2. Sampai KetigaX saia rasa sudah cukup :)

    ReplyDelete
  3. Keren gan, jadi penasaran terus neh sama teknologi militer khususnya bawah laut tadi... nais infoh gan,..... su'un :D

    ReplyDelete
  4. halocoy lifestyle..... anda kurang beruntung gan, silahkan di gosok lagi... ... brol-ngobrol saia kelimaxx gan......kwkakkawkwa

    ReplyDelete
  5. ky.... kok gbrnya bisa gerak? ngepostnya di upload gambar apa di upload video? soalnya mia pernah ngepost pake gbr format gif yg bisa gerak2, tapi aps di pos, ga bisa gerak. diem aja huhuhuhu bocorin caranya dunk. plissssssssss

    btw mengenai radar dan sonar, apa ada efek samping ma manusia yang bekerja atau sering berdekatan dg peralatan sonar atau radar tsb saat aktif. soalnya kan mengeluarkan gelombang elektromgnetik (radar) atau ultrasonic (sonar) dalam frekuensi tertentu tuh. Apa bisa menyebabkan kanker?

    oh ya, kalo ma sinyal (kayak sinyal HP) apa frekuensinya sama dg frekuensi radar atau sonar?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. @kucingTengil aka mia,hehehe iya nih! animasi nya g jalan,udah aku pindahin ke Tinypics and it work haha! hmm dampak ke manusia sebenrnya sih ada, kalau g salah pernah ada penyelam yg kejang2 karena terkena pancaran sonar 120 db, untuk mamalia laut jelas ada, karena penggunaan sonar telah menjadi "pencemaran suara di laut" yg mengganggu navigasi ikan lumba2 dan paus.pada kasus tahun 2000 di bahama, ikan paus banyak yang terdampar oleh karena efek sonar yang dipancarkan oleh angkatan laut amerika serikat. sinyal hp dan frekuensi sonar berbeda, kalau efeknya ke radar bisa terjadi karena beberapa investigasi kecelakaan pesawat memang akhirnya "menuduh" sinyal hp sebagai akibat gagal nya sistem radar sebagai contoh pada kejadian jatuhnya pesawat CROSSAIR LX 498 yang jatuh pada saat baru saja take off dan penyidikan menghasilkan investigasi bahwa ternyata sinyal HP lah penyebabnya dan masih banyak contoh lain nya

    ReplyDelete
  8. wah info yang sangat komplit sekali mengenai sonar mas rifky, mantap.. thanks yah atas infonya^^

    salam blogger:D

    ReplyDelete
  9. eh, denger2.. kelelawar juga punya sonar tuch.
    bner gk? :S

    ReplyDelete
  10. Nambah lagi deh pengetahuanku.. makasih mas Rifky.. keren2 banget nih postingannya. Bener2 bikin pembacanya jadi ngerti..

    ReplyDelete
  11. Mantep bin surantep ini info...
    Hebat deh...

    ReplyDelete
  12. Begitu rupanya sonar bekerja...
    Untung deh berkunjung disini ,jadi nyaho deh...
    Sip
    Pissss

    ReplyDelete
  13. wah baru tau ane...! ^^ trims banget infony sob.. ditunggu postingan berikutny...

    ReplyDelete
  14. nice share... baru tau juga penjelasan tentang Sonar, dapet pembelajaran baru nih aku, trimzz

    ReplyDelete
  15. Pagi-pagi berkunjung lagi.. Mo belajar lagi...

    ReplyDelete
  16. wah, kalau lihat cara kerja sonar di kapal selam itu jadi inget sama kelelawar...

    ReplyDelete
  17. hehehe... jadi inget semalaman mau komen disini tapi internet lemot banget, gagal terus.. lalu coca dari hp tp malah ngulang2 terus ga da yg berhasil.. siang td juga gitu.. Mudah2an kali ini sukses.. :D

    Aku salut dengan Rifky, ide postingnya selalu hal2 yg ga bisa aku tebak sebelumnya.. wawasannya luas banget yah.. banyak yg berkomentar klo hal ini mengingatkannya akan masa2 sekolahnya dulu.. Tp buat aku, enggak.. buatku ini malah pengetahuan baru, coz aku ga inget di sekolahan dulu pernah diajari hal2 semacam ini.. krn udah terlalu lama kali yah, ato krn waktu diajari dulu pas aku lagi meleng, ngelamun ato bahkan ketiduran..hehehe

    ReplyDelete
  18. @mbak lina. memang sengaja saya lebih banyak mengangkat hal hal yg sepele mungkin pernah di ajari sewaktu kita sekolah dulu, paling ga saya disini menghadirkan dengan style saya (dengan cara saya,walaupun tidak sehebat guru2 kita dulu).terkadang kita melupakan hal hal sepele yg sudah kita lewati, tapi ilmu pengetahuan tetaplah ilmu pengetahuan..mungkin kita akan malu kalau berhadapan dengan anak SD yg lebih pintar spt di acara "ARE YOU SMARTER THAN A FIFTH GRADER" hehehe..saya usahaka selalu menghadirkan informasi2 yg semoga berguna bagi setiap pembaca di dunia maya ini..

    ReplyDelete
  19. pengetahuan IPA yang sangat bagus

    ReplyDelete
  20. MO LIAT2 KAPAL PERANG .... YG PAKAI SONAR ...

    ReplyDelete
  21. Berkunjung lagi ... barusan ke tempat kang alamendah eee ketemu Panthera ..... masih ingat Kaaaan dengan Panthera ....

    ReplyDelete
  22. Artikel yang sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  23. kegunaannya emang banyak banget,, yang phonank ketahui satu yaitu untu mengukur kedalaman laut. melalu gelombang yang dihantarkan kemudian dipantulkan.

    ternyata di sini lebih diperjelas penggunannya yaitu untuk mendeteksi kapal selam dan ranjau, mendeteksi kedalaman, penangkapan ikan komersial, keselamatan penyelaman, dan komunikasi di laut.

    wah...
    Sip deh dengan informasinya,, tp phonank belom baca keseluruhannya nih,, tp tenang anti phonank lanjutGAN...

    ReplyDelete
  24. bagus ganget nih infonya...tambah pengetahuan.... blognya hitech yah

    ReplyDelete
  25. inspirasi teknologi yg sama dgn mamalia, mantep juga sob...

    ReplyDelete
  26. salam sobat
    wah nambah ilmu kalau berkunjung dan baca artikel disini,,
    saya jadi tahu ,bagaimana sonar bekerja.
    trims sharingnya.

    ReplyDelete
  27. sip dah nambah pengetahuan lagi nih, trima kasih pelajrannya kawan

    ReplyDelete
  28. Seperti di film film perang ya...terutama perang yang menggunakan laut sebagai medan tempurnya. bisa mendeteksi keberadaan kapal selam di dalam laut.

    ReplyDelete
  29. beuh...blog yang oke neh, bikin tambah pinter, cocok buat ilmuwan macam ane..he..he, nais share gan...cendol sent

    ReplyDelete
  30. berkunjung ky^^.... thanks penjelasannya

    ReplyDelete
  31. Nice info gan. Bisa nambah pengetahuan nie. Makasi ya.

    ReplyDelete
  32. berkunjung.. salam kenal. .

    niche post..

    keep posting. .

    ReplyDelete
  33. Wah,
    baru tau yang bginian,
    maklum katrok ^^

    ReplyDelete
  34. link mas sudah saya tancapkan di blog saya, tancapkan jg mas yaa..pokoknya thanx berat deh...

    ReplyDelete
  35. saya juga mas, link nya sudah terpasang dengan megah di rumah saya, backlink juga mas ya, sukses terus buah mas rifky :)

    ReplyDelete
  36. @ Info : Pls put ur comment in my CBox... thanks

    ReplyDelete
  37. Mampirrrr....
    Pkbr Rifky.. pertanyaanku blm dijawab yah ??
    Aku pengen tahu gmn caranya bisa tulis komen dengan warna lain (selain hitam) kyk komen Rifky diatas ? Kasih tahu donk pliss... thanks sebelunya.. :)

    ReplyDelete
  38. mampir lagi kunjungan malam-malam sambil ngronda ..

    ReplyDelete
  39. wedew..sonar gitar saya putus le

    ReplyDelete
  40. datang berkunjung ditunggu kunjungannya sob

    ReplyDelete
  41. @mbak lina, cara caranya dah saya posting di blog mbk..

    @alwi..keep rockin'

    @mamo..senar bro,bukan sonar hehe

    RadjaBontang, thanks dah mampir.

    @halocoy, kabar baik,thanks dah mampir hari ini

    ReplyDelete
  42. Saya mendapatkan pembelajaran berharga disini.
    lengkap banget artikelnya sobat.
    makasih banyak

    ReplyDelete
  43. wah manatb dech sob tambah pengetahuan... biar tambah ngerti

    ReplyDelete
  44. hehehe ilmu baru sob...disekolahan gak pernah diajarin..:D

    ReplyDelete
  45. ihhh gambarnya kerenn,,bisa gerakk.
    hehehe

    ReplyDelete
  46. haloo Rif.. aku dah langsung ke TKP dan langsung praktek, sayangnya belum berhasil.. belum ada perubahan warna.. ntar dicoba lagi ahh..
    Thanks infonya yah.. :)

    ReplyDelete
  47. duduk manggut-manggut.. baru tahu ane... keren abiz dah postingnya, mantapz :)

    ReplyDelete
  48. Selamat pagi sobat... Happy blogging.. Have a nice day..

    ReplyDelete
  49. jadi tahu kita perbedaanya sonar dengan radar.....thanks ya, nambah ilmu lagi kita

    ReplyDelete
  50. teknologi sonar memang harus diutamakan khususnya di militer supaya dapat mendeteksi musuh yang menyusup lewat jalur laut maupun udara.

    ReplyDelete
  51. Informasi yang sangat berguna bro, salam kenal & salam blogger...

    ReplyDelete
  52. asik yah cara kerjane, selama ini memang ga tau aku..... teknologi memang mantap... salam kenal

    ReplyDelete
  53. Jadi inget masa-masa sekolah dulu tapi banyak lupanya. Bagus banget postingnya, kita jadi tau kalo ditanya anak-anak kita, apa dan bagaimana radar n sonar tuh. Jadi tambah pinter dech. Sukses ya kang...

    ReplyDelete
  54. teknologi sonar memang harus diutamakan khususnya di militer supaya dapat mendeteksi musuh yang menyusup lewat jalur laut maupun udara.

    ReplyDelete
  55. Sejauh ini sonar telah luas digunakan untuk mendeteksi kapal selam dan ranjau, mendeteksi kedalaman, penangkapan ikan komersial, keselamatan penyelaman, dan komunikasi di laut...

    ReplyDelete
  56. secara sederhana berikut ini sebagai contoh sebuah kapal konventional melepas sinyal ke dalam air, maka pantulan akan memberikan efek Echo...

    ReplyDelete
  57. Heli anti kapal selam bertugas mencari posisi kapal selam musuh. Sonar Buoy digantung pada sebuah kabel dan heli bergerak diatas perairan sambil menyeret Sonar.

    ReplyDelete
  58. krn udah terlalu lama kali yah, ato krn waktu diajari dulu pas aku lagi meleng, ngelamun ato bahkan ketiduran....

    ReplyDelete
  59. Sangat disesalkan juga apabila teknologi sonar itu pulalah yang membuat mamalia laut sekarang terancam bahaya dengan terdampar ke pesisir.

    ReplyDelete
  60. thanks atas informasinya..salam kenal,,,sukses terus ya...

    ReplyDelete
  61. thanks to info....teknologi sonar memang harus diutamakan khususnya di militer supaya dapat mendeteksi musuh yang menyusup lewat jalur laut maupun udara.

    ReplyDelete
  62. Actually, Sonar is originally an acronym for sound navigation and ranging, it is a technique that uses sound propagation (usually underwater, as in Submarine navigation) to navigate, communicate with or detect other vessels.

    ReplyDelete
  63. I have read on this site for different topics already.. and it is really helpful. I've learn new things here.

    ReplyDelete
  64. wah info yang sangat komplit sekali mengenai sonar ea,, salam,,,

    ReplyDelete
  65. Thank you for discussing this topic. I really admire the writer for allotting their time for this impressive article. Thank you.
    http://www.stagecoachgifts.biz/ provides you a beautiful and unique combination of genuine turquoise jewelry set in sterling silver. They offer the finest selection of authentic turquoise jewelry with great jewelry design.

    ReplyDelete
  66. Good post. Very impressive. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  67. Good post. Very impressive. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  68. mas nitip info yaaa.
    ------------------------------------------------
    buah pepaya banyak disukai dari bayi hingga manula.
    murah, mudah, bergizi, antioksidan, lancar BAB
    ------------------------------------------------

    ReplyDelete
  69. It is nice to be here. I am pleased to find this post. This is very good information.Your writing is very good, I like it very much. I will continue to focus on your blog. Thanks.

    ReplyDelete
  70. I feel amazing to read this post.It,s really unique for me.

    ReplyDelete
  71. Excellent post. I am facing a few of these issues as well.
    .

    Feel free to visit my blog post :: Steinzeitdiät Rezepte

    ReplyDelete
  72. My brother recommended I might like this web site. He
    was entirely right. This post truly made my day.
    You can not imagine simply how much time I had spent for this
    information! Thanks!

    Stop by my webpage Glutenfreidiät

    ReplyDelete
  73. There is definately a lot to know about this issue. I really like all the points you made.


    my web page; paläoernährung
    Also see my web site: green tea diet

    ReplyDelete
  74. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to
    say that I have truly enjoyed browsing your blog posts.
    After all I'll be subscribing on your feed and I'm hoping you
    write once more very soon!

    Stop by my webpage - abnehmen mit diätplan

    ReplyDelete
  75. The finest remedy for such people today is by likely for
    the stylish and elegant jackets. Very best winter season Moncler outlet are
    built of products well.

    Also visit my site: classy moncler jackets

    ReplyDelete
  76. 99 of your stuff, in reality,Bottega Handbags has been around,ministry) (great.
    Really don't choose go bounders in regards to latest set of clothes. Spiral componentry is actually typical around the world, so not a problem furthermore there. In a competitive industry, it is always good to think out of the box. http://kayanja.org/index.php?option=com_blog&view=comments&pid=13568&Itemid=0

    ReplyDelete
  77. Wire less, and also cabled Web are for sale for a good surcharge.
    No matter how rich you are, you have to wait a long
    time to buy one due to the delicate work. Taking away pockets which go
    from a single container to a different are another handy service.
    They can tell you about places that you never knew they existed.
    http://gay4all.nl/blogs/user/AlvinEzell

    ReplyDelete
  78. I'm gone to tell my little brother, that he should also pay a quick visit this weblog on regular basis to get updated from newest gossip.

    my site スーパーコピー

    ReplyDelete
  79. Companies offering these nevertheless can also produce emergency coach enlist
    the services of as per your preferences. In those cases was knowledge quite enough to keep you going?
    I personally guarantee he would not fumble the ball this time.
    Don't let a meaningful 'name' cover down the amazing potential of the fact that lies within your son or daughter. http://www.kochicoach.com/

    ReplyDelete
  80. A life coach will allow you to get in touch in addition to dreams
    and guide you create a substantially happier life.
    They will certainly empower you to have the best life possible.
    Do you feel that your va . lacking structure or a direction?
    Having your possess life coach is no longer just for any with a lot of money.
    http://www.coachtsuuhan.com/

    ReplyDelete
  81. モンクレールとバーバリークローゼットを見つけることはそれほど難しくありませんあなたは簡単に任意の店でまたはインターネット経由でそれらの服を見つけることができます

    Feel free to visit my web page; バーバリー アウトレット

    ReplyDelete
  82. ハンドバッグは2つのトップハンドルと広々としたインテリアを特色にした

    my web site 店舗 バーバリー

    ReplyDelete
  83. There are several extensive retailers that make available
    discounts upon all those handbags. Getting and buying Lv
    Neverfull inexpensive custom totes? Umbrellas and wet face would also add to the combined weight of often the bags.
    On this phenomenon, different people bring different views.
    http://sacstateasce.org/tiki-index.php?page=UserPageretadrn

    ReplyDelete
  84. 黒い色調節可能なストラップとシルバースタッズがスタイリングの多様性を提供するハンドバッグを可能;袋のイブニングやすさに一​​日を与えて

    Also visit my website - バーバリー 腕時計

    ReplyDelete
  85. 。オンライン
    サイトにもかか
    わらず、あなたがYahooとGoogleで表示されま
    すトラフィックをターゲットを促進する上で、常に右から大金を作成するためにおそらく最も有
    用な方法であった
    かの理想的な取引
    があることを
    確認ページの友人や家族。多くの最
    先端の起業家は、検索エン
    ジンの最適化は
    時間、デパートの時間
    と労力と忍耐のない
    終わりを取るす
    る見落とす。 。だけでなく、コ
    ーチ、単純にすべての有名なファッションデ
    ザイナーのマークの

    my site; コーチ 財布

    ReplyDelete
  86. 胎児がどちら注入さ
    れないまたは正しく移植
    されているので流産異常な検
    査結果を与える可能性があります

    Here is my blog :: ミュウミュウ バッグ

    ReplyDelete
  87. それはハード側のギアと接続この内部部品は通常入札の製品を持って埋めているおおよそのクラスのバッグと許容測定あなたをできるようになる

    My website 腕時計 バーバリー

    ReplyDelete
  88. モールトスカーナファクトリーアウトレットAGNONAイブサ
    ンローランボッテガ
    ·ヴェネタバーバリーエルメネジルド
    ゼニアフェンディジ
    ョルジオアルマ
    ーニグッチボッテガ·ヴェネタ
    トッズバレンチノエマ
    ニュエルウンガロ含
    む85デザイナーと名前
    のブランドのアウトレット店の優れた配列を持っているアレ
    クサンダーマック - 女王サルバト
    ーレフェラガモセルジオ
    ロッシステラ三菱商
    事 - Cartneyアルマーニジ
    ーンズバレンシアガ
    および他のいくつかのよ
    く知られたブランド

    My blog ... miumiu バッグ

    ReplyDelete
  89. Here is when replica handbags get picture. Bvlgari Rings I will am frequently work with a softer stable and a
    completely removable solid. Together with the signatured double C logo, the classical project had been created finally.
    YSL Roady is usually Jenny's journey bag within the entire take up. http://www.holidayrentalswiki.com/ReggiesjRuddlu

    Here is my page: celine 財布

    ReplyDelete
  90. Its not my first time to pay a visit this web site,
    i am browsing this site dailly and obtain fastidious information from here every day.



    my page; Louis Vuitton Bags

    ReplyDelete
  91. They drew his or greatest strength from each other. Any of these ladies know
    fashion, they have incredible style and this blogs are spectacular!

    Ought to also give high quality services at the right rates.
    Bollywood Kurtis are specially designed keeping in mind
    that they fit with everyone's taste. http://jerseybrewers.com/forums/quicksilverforums-1.4.0/index.php?a=profile&w=187279

    ReplyDelete
  92. Howdy! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site?
    I'm getting sick and tired of Wordpress because I've had issues with hackers and I'm looking at alternatives for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

    my website :: Nike Air Jordan

    ReplyDelete
  93. Pick a reliable credit advancement firm that will allow you to.

    Be careful with often the use of meta tags, and put together not layer
    simply too many into your internet site. They're an stunning band, and their unique video for "Lies That Bind" fairly impressive. Wet the silver and build a dab of toothpaste. http://www.ouaa.org/index.php?option=com_blog&view=comments&pid=266042&Itemid=0

    ReplyDelete
  94. Hi there, everything is going fine here and ofcourse every one is sharing information, that's in fact good, keep up writing.

    Feel free to visit my website - Tory Burch Outlet

    ReplyDelete
  95. This is a topic that is close to my heart.
    .. Take care! Exactly where are your contact details though?


    my homepage :: Air Max

    ReplyDelete
  96. Heya i'm for the first time here. I found this board and I in finding It truly useful & it helped me out a lot. I hope to give one thing again and help others like you helped me.

    Visit my site: Sac Louis Vuitton

    ReplyDelete
  97. Good day! I could have sworn I've been to this website before but after browsing through some of the post I realized it's new to me.
    Anyhow, I'm definitely delighted I found it and I'll be book-marking and checking back frequently!


    my web blog :: Michael Kors Outlet (http://overuc.com/michaelkors.html)

    ReplyDelete
  98. And i implore you to come with a number of pairs of
    trousers, price $599,00. Today, ladies wholesale handbags have become a helpful important
    part on womens outfit. It's all about: you're outdoors ( space
    enjoy the scenery, hunting or don't. The award was given to him during your current British Fashion Honors ceremony. http://pics.joyner.ws/v/family/williams/russellwedding/IMG_6289.jpg.html

    ReplyDelete
  99. salam kenal dan jangan lupa berkunjung ke situs kami juga yah gan yang membahas seputar obat sipilis dengan obat herbal aman dan ampuh tanpa efek samping. Informasi cara menyembuhkan sipilis yang lengkap beserta obatnya yang tepat dan berlisensi DINKES RI.

    ReplyDelete
  100. That was a VERY interesting one! Seriously interesting.

    ReplyDelete
  101. That is great to hear, thank you for reading!

    ReplyDelete
  102. Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)

    ReplyDelete

Sebuah kehormatan bagi saya bila anda meninggalkan comment di postingan saya ini, hindari penggunaan Anonim dalam meninggalkan komentar.Jangan lupa untuk rate bintang nya. Komentar SARA akan saya hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu