Sunday, January 17, 2010

Teknologi Pesawat Siluman


Nah, Postingan kali ini adalah postingan penyempurnaan dari Postingan lawas saya terdahulu, pembahasan nya adalah berawal dari pertanyaan sederhana mengenai "mengapa sampai pesawat bisa menghilang dari layar radar (RCS)", teknologi radar digunakan dan banyak di aplikasikan dalam militer, mengapa militer? karena dalam kebutuhan militer ada sebuah kebutuhan yang namanya Reconnaissance yang merupakan sebuah kegiatan pengintaian (memata matai lawan) untuk mengumpulkan data tertentu demi sebuah misi strategis. Pesawat Stealh biasanya banyak digunakan untuk melakukan foto udara. Namun terkadang ada pula pesawat yang ber kualifikasi Fighter dan Bomber (penempur dan pembom) yang memakai stealth technology untuk pengelabuhan saya penyerangan ke wilayah musuh.

Secara umum, untuk tampil sebagai pesawat/kapal Stealth dibutuhkan Pengerjaan spesial tidak seperti pesawat/kapal model lain. Sebelumnya saya jelaskan sedikit, maksut dari Stealth (atau menghilang dalam radar) bukanlah istilah yang sebenarnya menghilang tak terlihat, istilah yang tepat menurut saya adalah Mereduksi (memperkecil) tampilan pesawat/kapal dalam monitor radar RCS. Dalam RCS monitor, radar yang mendeteksi keberadaan pesawat digambarkan berupa Dot Dot ( bundaran-bundaran) yang mewakili besarnya pesawat tersebut (dan ini bukan berarti besar pesawatnya, namun seberapa besar sinyal yang dilepas radar mengenai body pesawat yang dikembalikan, hal ini berbicara mengenai bentuk body pesawat/kapal tersebut)

Cara yang dipakai agar menjadi sebuah pesawat Stealth adalah:
1. Dengan cara pemilihan bahan tertentu yang dilapisi pada bagian kulit luar Pesawat/kapal, maka akan mereduksi sinyal radar yang diterima oleh monitor radar di daratan.
2. Dengan mendesign pesawat sedemikian dengan bentuk pesawat/kapal yang tak bersudut untuk memantulkan kembali sinyal yang dilepaskan oleh stasiun radar di daratan.



gambar lain bagaimana sebuah sinyal mengenai sebuah pesawat stealth (atas) dan mengenai benda berbentuk bundar (lihat bagaimana sinyal dipantulkan kembali)

Gambar sebelah kiri, merupakan bentuk design pesawat konvensional yang berpotensi besar untuk menerima radar dan tertangkap sebagai objek terbang yang besar pada tampilan layar RCS. Gambar sebelah kanan adalah model penerapan pada Point 1 diatas, yang mana pesawat di desain sedemikian rupa agar minim sudut dan arah sinyal radar yang di lepaskan dari daratan tidak mengenai bodi pesawat, sehingga tampilan yang terkirim pada layar monitor RCS di daratan berupa Objek kecil ( terkadang di identifikasikan sebagai burung/gerombolan burung). Untuk model sebelah kanan, biasanya pemilihan pelapis bodi pesawat juga telah mengadopsi bahan bahan yang mereduksi sinyal radar


Gambar kiri merupakan gambar Bomber F-117 yang memiliki design Stealth untuk keperluan pengebom strategis USAF. Sedangkan sebelahnya merupakan F/A-18 Super Hornet yang merupakan pengembangan dari F-18 Hornet, dimana pengembangan nya terdiri pemanjangan body fuselage (body utama pesawat) serta penambahan material material khusus yang dipasangkan pada tepi tepi sayap serta ujung ujung lancip pesawat untuk mereduksi sinyal radar RSC. jadi kalau boleh di istilahkan secara bebas ala RifkyMedia™ yang F-117 murni Stealth sedangkan F/A 18 Super Hornet di Stealth kan karena kebutuhan tertentu. Sedikit tambahan pesawat F/A 18 Hornet merupakan pesawat yang boleh dibilang berhasil, sehingga pengembangan selanjutnya hanya berupa pemasangan bahan atau material Stealth tadi.

Kerja radar secara simpel, dapat Saya analogi kan seperti efek echo (gema), sebagai contoh, kita berteriak pada bibir sumur kearah dasar sumur, maka dengan rumus tertentu kita sebenernya bisa mengetahui berapa kedalaman sumur yang ada dibawah kita (Doppler shift) 


gambar contoh Echo
Penjelasan gambar mengenai konsep kerja radar




Gambar kiri: Stasiun radar melempar/melepaskan sinyal frekuensi radio ke udara, yang mana mengenai permukaan pesawat yang kebetulan terbang di area jangkauan radar.
Gambar kanan: pesawat memantulkan kembali sinyal yang dikirim ke stasiun radar. kecepatan gelombang sinyal radar sendiri mencapai 1.000 kaki per mikrodetik. dengan ini stasiun bisa mengukur jarak pesawat secara akurat dan juga berapa kecepatan pesawat, dan besarnya pesawat.


Oke Kita sudah dapat gambaran mengenai cara kerja radar bukan? , sekarang kita membahas RCS, yang mana pada kasus Pesawat Stealth diatas, RCS yang muncul pada monitor bisa menentukan besar kecil nya pesawat ( besar kecilnya pesawat juga bisa diartikan sebagai besar kecilnya ancaman terhadap sebuah situs pertahanan militer), RCS atau radar cross section adalah perbandingan daya sinyal datang dengan daya sinyal yang terhamburkan, dan berfungsi sebagai pendeteksi kepadatan ( kepadatan objek yang terkena sinyal)


 Klik pada gambar untuk membesarkan
Tabel keterangan bagaimana objek objek bergerak di konversi kan dalam hitungan RCS, terlihat urutan pertama diatas adalah Kapal Induk yang tertangkap dengan RCS terbesar yaitu 100.000 meter persegi, di ikuti dengan kapal penjelajah, pesawat besar, pesawat berbadan sedang, penempur besar, pesawat tempur kecil, manusia, sampai serangga (obejk terkecil)


Gambar diatas menunjukkan RCS pada pesawat pembom Amerika B-26(pesawat ini bukanlah dari jenis Stealth, hanya sekedar perbandingan)


Sekian dulu pembahasan nya, semoga gak tambah bingung hehehe, diatas hanya pembahasan sederhana mengenai mengapa sebuah pesawat bisa di sebut Stealth dan mengenal apa itu Radar dan RCS. disini tidak membahas mengenai militer dan perang berkaitan adanya penerapan teknologi kemiliteran diatas, hanya sekedar share untuk pengetahuan mengenai radar.

Gambar gambar pesawat/kapal laut yang ber design dan berkemampuan Stealth





Sumber:
"radar cross section." The Oxford Essential Dictionary of the U.S. Military. 2001. Encyclopedia.com. 13 Jan. 2010 http://www.encyclopedia.com

81 comments:

  1. Pakai PertamaX emang lebih kenceng gan :)

    ijin nyimak dulu gan, nais inpoh+keep posting

    ReplyDelete
  2. ini sama ga y sama hero dota stealt assasin (rikimaru), dia juga bisa ilang...

    ReplyDelete
  3. Wah bangun tidur ya gan :D cuci muka dulu gan wakakakaa

    ReplyDelete
  4. Wah keren, tekologi pesawat siluman, tapi kalo siluman sendiri teknologinya dah ditemuin belum?

    ReplyDelete
  5. wah mantap mas,, baru tau ni,, masalah ini,, terus buat artikel yang selalu bermanpaat,, he

    ReplyDelete
  6. @sauskecap,maaf, siluman apa ya bro? siluman buaya kah? yg spt Sinetron sinetron Indosiar ya heheheheh

    @sariphusin,makasih ya bro..sering mampir ya

    ReplyDelete
  7. walau saya sedikit gaptek namun bisa membayangkan bagaimana mekanisme kerjanya melalui artikel ini. Terima kasih sudah share ilmu dan infonya Mas, saya jadi sedikit tahu dari cerita ini.
    Salam hangat selalu :)

    ReplyDelete
  8. keren..keren..
    kpn yah punya pesawat kaya' gitu?
    hehehehe

    http://mangkasarakku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. wah blog anda gratisan, kalo ada yang berbayar dan murah,ngapain yg gratis

    ReplyDelete
  10. waduh.. kok koyo' dholanandQ to maz? :X

    ReplyDelete
  11. Nice info sob. Ane jadi tahu sekarang. Makasi.

    ReplyDelete
  12. selamat pagi mas. Semoga sukses dan sehat ya. Salam.yanti

    ReplyDelete
  13. jadi inget video UFO yang di youtube..
    masa ada UFO bisa kebaca radar?
    berarti enggk canggih yah..

    Btw, pesawatnya keren2..

    ReplyDelete
  14. Selamat sore mas. Semoga sukses dan sehat ya. Salam.yanti

    ReplyDelete
  15. Mantap gan, kalo mereka bisa buat pesawat antiRCS maka saya sedang mengembangkan pesawat antipornografi kekekekekeke..........

    ReplyDelete
  16. lha itukan pesawat buatanku,,, hehehehehe

    ReplyDelete
  17. mampir dimalam yang dingin dan sepi tak ada yang menemani...

    ReplyDelete
  18. (disconnectted): keren om, kapan yah kita punya 1,jangankan 1 buat peremajaan pesawat aja kita kembang-kempis. Harusnya TNI tuh bisa manfaatin SD n SDM anak bangsa om. TNI ditambah lagi persenjataannya,semisal santet...palagi klo isinya santet nuklir om wah dahsyat om. Wokey keren abis om.

    ReplyDelete
  19. misi mas...
    numpang lewat

    ReplyDelete
  20. Wah.. aku ga pernah dapet no kecil nih klo komen disini.. selalu saja dapet no diatas 20, hehehe.. (terbukti yg punya blog udah tenar banget, udah top banget deh !) :)
    Btw, aku lebih suka dan tertarik banget dengan postingan2 Rifky tentang pengetahuan seperti ini nih, ketimbang yang penjumlahan kmren.. :D

    ReplyDelete
  21. @Anonym.monggo mas/mbak, silahkan baca baca heheheh

    @Lina Marliana., wah mbak jangan memuji gitu hehehe, wong masih banyak blog yg lebih keren dari blog ini kok, yg penting informasi disini bisa dijadikan pengetahuan saja, emang kadang simpel, ini merupakan pelajaran waktu kita SD,SMP atau SMA, tapi terkadang kita sering melupakan nya, maka dari itu saya postingkan kembali agar ga lupa lagi heheheheh

    ReplyDelete
  22. waduh.... kecepetan ente postingnya.... padahal ane pengen bahas tentang pesawat silumat bwt postingan selajutnya.... ha.....

    ReplyDelete
  23. @bisnis online, waduhh maaf bro hehehe

    ReplyDelete
  24. sebenaernya rumusnya simpel tinggal ngukur jeda waktu pantulan kemdian pake persamaan

    jarak= 340* jeda waktu/2. kenapa ada 2 dan 340? 2 itu diperoleh dari jarak yang ditempuh suara. kan dia datang kemudian memantul... trus 340 diperoleh dari kecepatan bunyi di udara...

    nah klo efek doppler bisa mengukur kecepatan benda bergerak... tpi harus ada minimal 3 stasiun radar untuk mengetahui posisi pasti pesawat...

    ReplyDelete
  25. Memang canggih ya ...
    Mudah mudahan nanti ada motor siluman .. hehehe

    ReplyDelete
  26. saiyang, di Indonesia yang ada teknologi pesawat suliman ya Mas :D

    ReplyDelete
  27. Kunjungan malam ...............

    ReplyDelete
  28. Yg begini nih masuk kategori Online Satu Jam Per Hari Tingkatkan IQ heeee ....

    ReplyDelete
  29. Walau saya bukan seorang pilot heeee tapi yg ini wajib disimak ...... tuk mengungkap yg belum tersibak

    ReplyDelete
  30. Saya jadi tambah pinter nih kalo sering2 mampir ke blog Sobat...

    ReplyDelete
  31. mantaf gan, saia baru baca judulnya saja sudah bisa ber'asumsi klo neh infoh manstrab ... :-"

    ReplyDelete
  32. bertambah ilmu lagi nich..dari tidak tahu menjadi tahu..

    ReplyDelete
  33. bermanfaat sekali, inilah kecanggihan buatan manusia, namanya saja pesawat siluman, thanx info mas

    ReplyDelete
  34. Salam Takzim
    Konsfigurasi Radar, mirip mirip dengan radio ya kang, bila ada elektromagnet yang terbias atau carrier lain yang masuk ke gelombang itu suara pada receiver akan terganggu (gemeresk). Terkadang hilangnya pesawat dari pantauan radar bisa juga dipengaruhi noise udara sekitar kang, namanya juga medan elektromagnetik pancaran nya menyamai kecepatan sahaya.
    Kang tulisannya kecil kecil tapi manstab banget menambah wawasan bagi saya yang awam terhadap radar
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  35. Salam Takzim
    Selamat siang kang, selamat beraktivitas hari ini semoga tetap sukses dan sehat kang
    Kunjungan perdana nih kang, mohon maklum
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  36. wah2.. ntuh pesawat favoritku pas dulu sering maen PS....


    emang keren bgt tuh, bisa gak kliatan sama radar......

    ReplyDelete
  37. mampirrr..... lagi hujan deras nih, sempetin internetan dulu sebelum tidur..
    Coba hidden image (ikuti saran moenas) ternyata lumayan juga nih internetnya.. :)

    ReplyDelete
  38. keren euy.pesawatnya gagah banget hahahahah tapi lebih keren pesawat silumannya X-men. Bukan ga kelacak ma radar aja, tapi bener2 tembus pandang *racun film mode on*

    ReplyDelete
  39. tehnologi hebat ya, bisa ga kelacak radar lagi. kapan Indonesia bs bikin ky gini .. ngimpi ga ya? thanks bro

    ReplyDelete
  40. we;eh stealth = teknologi siluman suapa tak terlacak yah sob^^ MANTAB:)

    tahnks for sharing yah sukses terus^^

    salam blogger:)

    ReplyDelete
  41. pesawat wowowo mantab ya teknologinya
    thnks infonya bos

    ReplyDelete
  42. nice info for me
    Stealth is powerfull
    thanks boss

    ReplyDelete
  43. wonderfull, Stealth is hight techno
    thanks, good info man

    ReplyDelete
  44. nice inpo,,trnyata ada pesawat siluman yah,,bukan babi ajah (siluman babi ),,hehe

    ReplyDelete
  45. walaupun saya termasuk orang yang gaptek tapi menyimak artikel ini jadi menabah wawasan

    teimakasih infonya
    di tunggu post selanjutnya

    salam

    ReplyDelete
  46. Good & interesting information. Thanks

    ReplyDelete
  47. wah pesawat asu-iluman

    keep type Gan..!!

    ReplyDelete
  48. gila,,,komplit amat artikelnya.
    keren,,keren,,kapan ya ane bisa kaya gini juga.
    selamat malam sob...salute 4 u

    ReplyDelete
  49. bagus banget nih info..... sangat berguna bagi saya untuk lebih tau tentang teknologi

    ReplyDelete
  50. Weisss, kayak di pilem... xixixi, ternyata para sutradara itu mengadopsi dari sini yak, pinter dan kreatif mereka itu :D

    ReplyDelete
  51. phonank tahu mengenai Bomber F-117,,

    yang tidak bisa dideteksi oleh radar...

    ini pesawat memang canggih banget, namun belakangan pesawat ini memiliki beberapa kelemahan yang akhirnya bisa juga dideteksi oleh alat seperti radar

    ReplyDelete
  52. Wah tekhnologinya canggih banget ya dan design pesawat juga keren. Terima kasih informasinya jelas banget, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi yang lainnya juga.

    ReplyDelete
  53. kapan ya indonesia punya satuuuuuuuuu aja pesawawat stealth.... semoga bukan mimpi doank wkakakakaka

    ReplyDelete
  54. untuk menunjang pertahanan udara seharusnya kita harus punya pesawat siluman super canggih mungkin 1 skuadron.

    ReplyDelete
  55. Postingnya bagus-bagus cak, sangat informatif. Qta yang gaptek jadi dapet ilmu nech. Perancang si kapal siluman canggih yak (pasti suatu saat nanti ada yang lebih canggih tooo...)?

    ReplyDelete
  56. Pesawat Stealh biasanya banyak digunakan untuk melakukan foto udara. Namun terkadang ada pula pesawat yang ber kualifikasi Fighter dan Bomber...

    ReplyDelete
  57. Sedikit tambahan pesawat Hornet merupakan pesawat yang boleh dibilang berhasil, sehingga pengembangan selanjutnya hanya berupa pemasangan bahan atau material Stealth tadi...

    ReplyDelete
  58. walau saya sedikit gaptek namun bisa membayangkan bagaimana mekanisme kerjanya melalui artikel ini. Terima kasih sudah share ilmu dan infonya Mas...

    ReplyDelete
  59. mantep...belajar disini, isinya pengetahuan smua :)

    ReplyDelete
  60. Good post. Very impressive. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  61. I had no idea how to organize all the chapters in my dissertation until I contacted an essay writing service for help.

    ReplyDelete
  62. One of the best ways to better understand each type of essay is to review examples.

    ReplyDelete
  63. The kinds of essays that are most commonly given to students include: expository essay, persuasive essay, informal essay, the review, research essay, literary essay, expository essay, argumentative essay, expository essay, compare and contrast essay.

    ReplyDelete
  64. At high school level, the only requirements are that the essay introduction should be grammatically correct and that it properly lays out the points that will be further detailed after the essay introduction. In college, the expectations on how to write an essay introduction are much higher and will require greater complexity as well as some creativity.

    ReplyDelete
  65. Superb submit and fantastic blog, I like type of this type kind of interesting articles keeping it u.

    ReplyDelete
  66. Unlike many posts on the internet, this was fun to read and gave me some valuable input. I will have to put a back link on my website. Regards.

    ReplyDelete
  67. Thank you for this blog. That's all I can say.

    ReplyDelete
  68. Unlike many posts on the internet, this was fun to read and gave me

    ReplyDelete

Sebuah kehormatan bagi saya bila anda meninggalkan comment di postingan saya ini, hindari penggunaan Anonim dalam meninggalkan komentar.Jangan lupa untuk rate bintang nya. Komentar SARA akan saya hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu